Olahan Makanan Solo yang Identik dengan Cita Rasa Manis

Resep Selat Solo yang Manis Gurihnya Bikin Kangen

Olahan Makanan Solo yang Identik dengan Cita Rasa Manis – Solo lebih terkenal di kalangan masyarakat luas di bandingkan Surakarta, namum keduanya masih termasuk dalam wilayah Jawa Tengah. Tidak heran bila kota Solo terkenal dengan beragam kulinernya yang sangat menarik dan jangan di lewatkan.

Sejumlah kuliner di kota Solo juga menyajikan tempat-tempat wisata yang menarik. Untuk kalian yang akan berkunjung kesana sebaiknya menikmati salah satu kuliner Solo yang Legendaris.

Untuk citarasa masakan Solo memang cenderung manis itu terkihat jelas dari penggunaan bahan makananya seperti gula merah dan kecap. Kalau di bilang olahan makanan kota Solo memang beda dari kota lainnya.

Walaupun berbeda cara atau proses pengolahan  makanannya tetapi untuk rasa mirip dengan citarasa masakan Yogyakarta yang identik dengan manis.  Kota ini dikenal dengan budayanya yang kental.

Sebaiknya simak penjelsan dari beberapa kuliner khas Solo yang tak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke kota ini.

1. Selat Solo

Foto Selat Solo (Instagram.com/selat.mbaklies)

Olahan makanan ini memiliki nama yang familiar dengan sebutan bistik jawa merupakan olahan khas solo yang mendapat pengaruh kuliner dari belanda. Makanan ini berbahan dasar dari sayur-sayuran kukus, potongan daging, telur pindang, dan jangan sampai ketinggalan di beri kuah pekat dengan dominan rasa asam dan manis.

Dihidangkan selagi hangat dan dalam situasi lapar dan untuk kamu yang suka pedas bisa menambahkan sambal. Kamu bisa menyantap Selat Solo di pagi hari, rasanya yang lezat cocok untuk mengawali kegiatanmu.

2. Timlo Solo

Resep MPASI Timlo Solo Versi Homemade, Dijamin Lebih Ekonomis Moms

Hidangan yang satu ini merupakan olahan sup dengan isian berupa sayur-sayuran, bihun, dan sosis isi. Disantap dengan kuah volumenya banyak yang gurih dan kaya akan rempah-rempah dan ini dijamin bisa menggugah selera makanmu.

Membuat timlo memang harus menggunakan rempah-rempah agar terasa lebih segar. Kamu bisa menikmati timlo di pagi hari untuk sarapan. Ataupun sore hari, olahan ini bisa jadi penghilang penat setelah beraktivitas. Banyak Timlo Legendaris yang bukanya hanya hitungan jam saja, oleh sebab itu jangan lupa untuk mendatangi kuliner ini.

3. Nasi Liwet
Foto nasi liwet menu sarapan (Instagram.com/dapur_yusticia)

Banyak pilihan menu sarapan ketika kamu berkunjung ke Solo. Namun salah satunya yang enak dan menjadi makanan favorit yang tak boleh dilewatkan yaitu nasi liwet.

Nasinya yang berasa gurih dipadukan dengan sayur labu siam, diberi suwiran ayam dan telur pindang, dan tak lupa diberi areh santan yang menambah kelezatan makanan ini.

4. Tengkleng

Foto olahan tengkleng kambing (Instagram.com/solo.foodie)

Kuliner ini mulanya identik dengan kalangan bawah. Hidangan ini hanaya berbahan dasar dari tulang kambing yang telah diambil dagingnya, sehingga menjadikan makanan ini dulu dipandang sebelah mata.

Seiring berjaklannya waktu tidak di sangka, makanan ini sekarang populer dan bisa disantap oleh siapa saja.Bagi kamu pecinta makanan pedas, masakan ini wajib kamu coba.

Sensasinya itu saat makan tulang kambing dengan kuah yang pedas dan panas lalu rasa kuahanya yng gurih pasti bikin kamu ketagihan.

5. Serabi Solo

Foto serabi (Instagram.com/cemilankekinian_)

Panganan ini pasti sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Cita rasanya yang gurih dan manis, ditambah sensasi kelembutan ditiap gigitannya, menjadikan makanan ini sebagai jajanan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Solo.

Inilah beberapa kuliner khas Solo yang populer di kalangan masyarakat Indonesia yang hingga kini belum tergerser oleh panganan lain. Bukan hanya menyajikan berbagai tempat wisata yang menarik, kulineran di Solo dijamin tidak akan membuatmu kecewa.

Semoga dari penjelasan di atas dapat memberi informasi seputar kuliner khas Solo. Pastikan menu-menu di atas masuk daftar kulineranmu ya.