Roti Populer ini Menggunakan Ragi sebagai Bahan Dasarnya

Focaccia mit Tomaten - Cookidoo® – platform resep resmi Thermomix®
Saat ini roti sering dijadikan makanan pokok untuk menuntaskan lapar di berbagai situasi. Macam-macam roti hadir untuk memuaskan para pelanggan, salah satunya yang mengandung ragi.

Ragi adalah bahan pengembang yang populer dan kerap digunakan dalam memproses suatu adonan. Kali ini terdapat beberapa macam roti populer yang mengandung ragi sebagai pengembangnya.

Berikut ini penjelasan beberapa janis roti dan mungkin saja kamu tertarik untuk membuat macam-macam roti tersebut di rumah :

1. Roti putih

5 Macam Roti Populer yang Mengandung Ragi, Mana Favoritmu?
Roti putih ini merupakan penganan paling populer di dunia yang sering digunakan sebagai  bahan baku untuk membuat macam-macam hidangan sedap. Roti putih ini sering kali dijadikan pengganti nasi, terlebih karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Makanan ini banyak sekali mengandung ragi. Biasanya aktivasi pengembang tersebut dicampur dengan air hangat dan gula. Sementara itu, bahan utama lainnya sangat simpel karena terdiri dari tepung terigu, mentega, dan garam.

Cocoknya roti ini dipakai untuk membuat sandwich dan ataupun roti panggang  roti putih cocok dipakai untuk membuat sandwich atau roti panggang.

2. Baguette

5 Macam Roti Populer yang Mengandung Ragi, Mana Favoritmu?
Salah satu roti andalan yang berasal dari Prancis dan ini memang sangat populer karena bisa dijadikan penunjang sarapan, makan siang, hingga makan malam yang enak.
Roti yang berukuran panjang ini mempunyai tekstur yang sangat renyah ketika di makan.

Belum lagi ukurannya yang panjang membuat orang-orang tertarik untuk mencicipi atau membuat roti tersebut. Roti ini juga masuk ke dalam klasifkasi roti yang menggunakan ragi sebagai pengembangnya.

Biasanya makanan ini dibuat menggunakan bantuan dari poolish atau sourdough starter, dengan bahan utama berupa ragi, air hangat, tepung terigu, dan sejumput garam. Baguette sering digunakan untuk membuat sandwich atau teman makan French onion soup.

3. Roti gandum

5 Macam Roti Populer yang Mengandung Ragi, Mana Favoritmu?
Roti gandum pengganti biasanya di gunakan sebagai pengganti roti white dengan kandungan seratnya lebih tinggi dan karbohidratnya cenderung lebih rendah. Biasanya roti gandum dipakai sebagai alternatif makanan ketika seseorang sedang menjalani program diet.
Roti gandum sendiri memiliki tekstur yang lebih empuk dan warnanya agak gelap. Itu lantaran bahan yang digunakan didominasi oleh penggunaan tepung gandum. Selain itu, roti ini juga dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung pengembang dari ragi.

Pada umumnya roti gandum juga bisa dibuat menggunakan starter dari tangzhong. Namun bahan lain yang digunakan terdiri dari madu, susu, mentega, dan penggunaan minyak. Sementara untuk konsumsinya sendiri, roti gandum bisa dinikmati bersama selai.

4. Focaccia

5 Macam Roti Populer yang Mengandung Ragi, Mana Favoritmu?
Makanan khas dari Italia yang memiliki bentuk sangat menggugah selera. KRA makanan ini kerap dijadikan kanvas untuk berkreasi bagi para pegiat kuliner yang menyukai penampilan makanan yang lebih cantik dan berseni.

Focaccia adalah roti mengandung ragi yang memiliki tekstur chewy. Bagian dalamnya cenderung lembut namun luarnya terbilang crispy. Belum lagi proses pembuatan roti ini tidak memerlukan tahapan menguleni yang memakan waktu.

Selain itu, focaccia adalah roti yang dibuat dari bahan-bahan sederhana. Diperlukan ragi, air hangat, tepung terigu, madu, garam, minyak zaitun dan garam berukuran besar yang biasanya ditaburkan sebagai topping. Kamu juga bisa menambahkan sayur-mayur untuk menciptakan pola yang indah di atas roti tersebut.

5. Bagel

5 Macam Roti Populer yang Mengandung Ragi, Mana Favoritmu?
Bahan makanan yang satu ini sangat mirip dengan donat. Tetapi tekstur dari bagel cenderung lebih tender dan chewy, sehingga cocok sekali dijadikan salah satu penunjang makanan sehari-hari, seperti sarapan atau makan malam yang simpel.

Bagel umumnya dijadikan hidangan seperti sandwich dengan tambahan bahan-bahan asin. Selain itu, roti yang satu ini dibuat menggunakan ragi dan teknik memasaknya terbilang unik, karena akan direbus terlebih dahulu sebelum nantinya dipanggang.

Bukan cuma ragi, bahan-bahan yang dipakai dalam bagel terdiri dari tepung terigu, gula, garam, dan air. Namun sebagian orang lebih senang menambahkan biji-bijian saat hendak dipanggang untuk membuat nutrisi dari bagel ini semakin lengkap dan enak.

Hadirnya ragi  menjadi salah satu bahan utama untuk bisa menciptakan roti yang mengembang sempurna. Bahkan tidak terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdapat lima kreasi roti populer yang dibuat menggunakan pengembang satu ini.