Tempat Wisata Taman Komodo

Tempat Wisata Taman Komodo

Tempat Wisata Taman Komodo merupakan salah satu Destinasi yang wajib anda jumpai. Taman Nasional yang terletak di antara Pulau Sumbawa dan Flores ini adalah destinasi yang wajib kamu datangi. Tempat Wisata yang 1 ini memiliki luas sekitar 2.000 km2 ini punya jutaan pesona yang mampu membuat wisatawan jatuh hati.

Pada tahun 1980, taman nasional ini di dirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Di taman nasional ini terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia.

Tempat Wisata Taman Komodo

Bersama dengan komodo, terdapat juga 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang di lindungi lainnya. Di kawasan ini juga terdapat pula terumbu karang sebanyak 253 spesies karang pembentuk terumbu yang di temukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini.

Sejatinya, Pulau Komodo merupakan Pulau Vulkanis yang di tempati 4.000 penduduk di sana. Pada tahun 1991 taman nasional ini di terima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Tidak lengkap rasanya apabila anda mengunjungi Tempat Wisata Taman Komodo tanpa menyelami pesona bawah lautnya yang memesona. Taman Nasional Komodo terletak tepat di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik. Tentu menjadikannya sebagai salah satu surga bawah laut terkaya di dunia.

Kawasan Wisata Taman Komodo terdapat 100 situs menyelam kelas dunia yang selalu menjadi incaran penyelam, ilmuan maupun fotografer professional. Dengan warna warni terumbu karang yang tersedia, beragam jenis spesies ikan yang ada, pastinya diving di Taman Nasional Komodo akan jadi pengalaman terbaik.

Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 ha meliputi wilayah daratan dan lautan dengan lima pulau utama yakni Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan juga pulau-pulau kecil lainnya. Kepulauan tersebut dinyatakan sebagai Taman nasional untuk melindungi Komodo yang terancam punah dan habitatnya serta keanekaragaman hayati di dalam wilayah tersebut. Taman lautnya dibentuk untuk melindungi biota laut yang sangat beragam yang terdapat disekitar kepulauan tersebut, termasuk yang terkaya di bumi.

Sumber : id.wikipedia.org